BAB VI PENUTUP • KESIMPULAN Budidaya ikan molly memiliki potensi besar karena permintaannya yang stabil di kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini mudah dirawat, cepat berkembang biak, dan memiliki berbagai jenis dengan warna menarik yang diminati pasar. Dengan strategi pemasaran yang tepat, seperti menjual di sekolah, pasar, dan rumah, usaha ini dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan. • SARAN Budidaya ikan molly memiliki potensi besar jika dilakukan dengan pemilihan indukan berkualitas, menjaga kondisi kolam dengan suhu 25–28°C dan pH netral, serta memberikan pakan berkualitas seperti pelet dan makanan alami. Penting juga untuk mengontrol populasi dengan memisahkan indukan setelah bertelur. Untuk pemasaran, manfaatkan media sosial dan jaringan lokal untuk menjangkau pasar lebih luas, serta berikan edukasi singkat kepada konsumen mengenai perawatan ikan agar mereka lebih percaya diri. Dengan perawatan yang baik dan strategi pemasaran yang efektif, budidaya ikan molly bis...
Postingan populer dari blog ini
BAB V ANALISIS LOKASI Dalam merencanakan bisnis budidaya ikan molly, kita bisa membudidayakan ikan molly di sekitar rumah jika mempunyai aquarium, kita dapat menganalisis lokasi yang strategis untuk menjual ikan molly kepada anak-anak SD yang berada di sekitar sekolah dasar terutama saat jam pulang sekolah atau di area toko kelontong dan warung jajanan dekat sekolah. Anak-anak sering tertarik dengan ikan hias karena warna dan bentuknya yang menarik. Gunakan wadah kecil, seperti kantong plastik transparan agar terlihat menarik dan tetapkan harga yang terjangkau sesuai uang saku anak. Untuk menarik minat, buat paket ikan ditambah makanan starter yang praktis. sementara itu, di pasar, potensi pasar lebih besar Karena pengunjungnya beragam, mulai dari ibu rumah tangga hingga pedagang ikan hias. lokasi strategis berada di area pedagang ikan hias atau dekat pintu masuk pasar untuk menarik perhatian. tampilkan ikan dalam aquarium kecil atau ember dengan pencahayaan agar warna ikan terlih...
Komentar
Posting Komentar